Minggu, 06 Maret 2016

Hamzawi Anwar Pasarkan Garam Petani Demak

Garam Demak 

Demak - Hamzawi Anwar yang juga Manager KSP ( Koperasi Simpan Pinjam ) “Margi Rahayu” desa kedungmutih kecamatan Wedung kabupaten Demak sejak dulu  melayani anggota  dalam usaha simpan pinjam. Namun pada sejak tahun 2013  ini membuka usaha baru yaitu memasarkan hasil garam anggota. Sebagian besar anggota adalah petani garam. Dikala panen raya harga garam ambruk oleh karena itu koperasi ikut serta dalam menyelamatkan harga garam.
“ Melihat situai harga garam yang tidak stabil itulah maka ada anggota yang mengusulkan agar koperasi ikut serta dalam pemasaran garam milik anggota. Diharapkan harga bagus dan tidak dipermainkan oleh petani “, kata hamzawi Anwar,BA Manager KSU “Margi Rahayu”  kabaredemak.com Senin (7/3)
Hamzawi menuturkan KSP Margi Rahayu yang berdiri tahun 1999 yang lalu menurut segi usahanya adalah bermacam-macam. Namun karena keterbatasan SDM maka usaha hanya di fokuskan pada Simpan Pinjam. Setelah berjalan cukup lama dan modal anggota semakin bertambah maka diputuskan untuk membuka usaha baru jual beli garam.
“ Pada awal-awal ini kita utamakan garam anggota dulu. Namun jika ada garam milik petani yang bukan anggota kami juga siap membeli asal ada kesepakatan. “, kata Hamzawi Anwar.
Saat ini KSP “ Margi Rahayu” mempunyai simpanan garam anggota sekitar 300 ton . Garam-garam tersebut di beli dari para anggota dan petani yang lahannya dekat dengan gudang koperasi. Selain itu jumlah garam milik anggota juga masih banyak diperkirakan 3000 ton . Garam tersebut hasil panen tahun 2014 dan tahun 2015.
“ Untuk tahun 2015 ini hasil produksi menurun dikarenakan cuaca atau musim kemarau yang pendek. Sehingga hasil garam tahun ini jika dihitung paling 40 % dari tahun kemarin “, tambah Hamzawi.
Untuk harga garam saat ini menurut Hamzawi masih fluktuasi tergantung dari simpanan dan juga permintaan. Pada akhir panen 2015 harga garam ditutup Rp 30 -45  ribu perkwintal. Namun ketika musim penghujan datang harga terus beranjak naik.
“ Harga garam saat ini tidak bisa jadi patokan setiap waktu ada kenaikan. Tergantung permintaan. Oleh karena itu jika ada yang butuh garam masalah garam harus nego karena harga hari ini dengan besok pagi bisa berubah sewaktu-waktu” tukasnya.
Untuk stok garam fihaknya menjamin ketersediaan barang  selain stok milik koperasi sendiri . Garam milik anggota juga masih ada tergantung dari kesepakatan harga . Jika harga sudah deal maka barang bisa dikeluarkan atau dikirim kepada pembeli yang membutuhkan.
“ Ya jika ada yang butuh garam bisa menghubungi kami Koperasi “Margi Rahayu”. Soal harga kita bisa nego sesuai kondisi yang ada “, katanya sambil memberikan no HPnya : 085 727 809 314 (Muin)

Nama Lembaga            : KSU “Margi Rahayu”
Alamat                        : Desa Kedungmutih kec. Wedung kab. Demak
Usaha                         : Penjualan Garam Krosok
Kontak                        : 085 727 809 314 - 08122516619 (Hamzawi Anwar,BA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar