Minggu, 03 Februari 2019

Kini Garam Demak Kualitasnya Bagus , Diminati Pengusaha Luar Jawa

Pekerja angkut garam Demak sedang menaikkan garam ke atas Truk


Demak –
Setelah penggunaan geoisolator atau plastic hitam di meja kristalisasi garam produk garam Demak yang dibuat petambak garam dari desa Kedungmutih ,Kedungkarang kualitasnya bagus. Selain putih bersih ,bening juga kering dengan kadar air kecil. Sehingga garam ini cukup diminati pedagang garam luar jawa khususnya Sumatera.
Hamzawi Anwar pemilik usaha garam “Barokah” dari desa Kedungmutih kecamatan Wedung mengatakan , ia telah mengirim puluhan container garam Demak ke Pulau Sumatera khususnya bagian Utara. Pedagang garam dari Medan setiap dua hari sekali minta dikirimi garam Demak via Tanjung Perak Surabaya.
“ Transportasinya via kapal laut dari pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dikirim ke Pulau Sumatera. Nah dari Demak ke Surabaya biasanya menggunakan transportasi darat yaitu Truk Besar dengan kapasitas minimal 13 ton “, kata Hamzawi Anwar .
Selain memasarkan garamnya sendiri hasil dari sewa lahan . Iapun membantu pemasaran garam temannya sesama petambak garam. Ia mempunyai gudang garam yang cukup besar untuk  stok bagi usahanya . Dengan stok yang lumayan besar maka permintaan dari para pembeli di luar Jawa bisa dipenuhi .
Ia berdagang garam sudah lebi lima tahun dengan penuh suka duka. Ia menekuni jual beli garam ini selain untuk menambah penghasilan keluarga juga membantu para petambak garam ,juga para tenaga angkut garam. Ia mempunyai mitra 15 orang tenaga angkut yang setiap waktu membantu dirinya
Tenaga angkut garam itu mengambil garam dari lahan petambak garam. Dengan menggunakan perahu garam dari tengah lahan diangkut menuju ke jalan besar . Setelah itu dinaikkan ke atas kendaraan truk untk dibawa ke Gudang atau dilangsir menuju ke truk container untuk di bawa ke pelabuhan laut.
Hamzawi menerima orderan garam dari manapun selain pembeli dari kota kota di Jawa Tengah ia juga memasarkan garam ke luar Pulau Jawa . Pembeli garam dari Luar Jawa seperti Lampung , Palembang , Medan selalu minta dikirim garam darinya, Saat ini garam Demak mulai bisa bersing dengan garam dari daerah lain karena kualitasnya semakin bagus. (Muin)


 Jika anda Butuh garam Demak bisa hubungi:
Hamzawi Anwar 
UD Garam Barokah 
Desa Kedungmutih ,Wedung ,Demak
Jawa Tengah
No HP 085727809314 – 081225016619

Tidak ada komentar:

Posting Komentar